Selasa, 22 Januari 2008

DIY: Carbon Cleaning

Cara Membersihkan Kerak Karbon Ruang Bakar sbb :
  1. Kendaraan disiapkan, lepas saringan udara, lepas konektor kabel Ignition Coil berikut kabel High Tensionnya, kemudian lepaskan seluruh busi/spark plug.
  2. Posisikan crankshaft posisi pada TDC ( Top Dead Center).
  3. Pada posisi Top 1, semprotkan foam carbon cleaner/engine conditioner ke silinder No. 1 dan silinder No. 4, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  4. Setelah 15 menit bersihkan silinder/piston No.1 dan silinder/piston No. 4 dengan menggunakan Air Gun Long Nose dan tekanan udara kompresor. Atau untuk lebih aman dan apik bisa dengan bantuan vacuum cleaner.
  5. Putar kembali baut pulley crank shaft menggunakan kunci ring, sampai kembali posisi TDC(tanda pulley bertemu garis TOP pada cover timing) .
  6. Semprotkan kembali foam carbon cleaner/engine conditioner ke silinder No. 2 dan silinder No.3, kemudian lakukan hal yang sama dengan langkah 4.
  7. Setelah ruang bakar bersih, rakit ulang parts yg diperlukan, lalu hidupkan mesin.
  8. Semprotkan kembali foam carbon cleaner saat mesin hidup melalui mulut throttle body agar bagian dalam intake manifold dan yg paling penting bagian atas Intake Valve bersih dari endapan kerak karbon.
  9. Lakukan langkah 8 berulang-ulang sambil memacu putaran mesin sampai didapat keluaran asap exhaust yang lebih bersih.
  10. Setelah itu jangan lupa, untuk membersihkan ulang seluruh busi yg kotor akibat proses perontokan karbon sebelumnya.

Tambahan pekerjaan terkait yang sangat disarankan adalah:
Melepas dan membersihkan Injector, Throttle Body & Idle Speed Control.

Note :
  • Melakukan warming up mesin terlebih dahulu, lebih memudahkan kerak karbon untuk rontok.
  • Saat melakukan penyemprotan kedalam silinder, hati-hati luapan sisa kerak carbon dan cleaner akan keluar, sebaiknya bantu ditutup dengan kain lap.
  • Hati-hati bila proses perendaman cairan cleaner di silinder terlalu lama, bisa menyebabkan ring piston mengkerut/kuncup ( mesin nantinya akan sulit hidup karena kompresi mesin hilang ).
  • Cairan Cleaner tidak boleh mengenai panel bercat, cepat segera bilas/lap bila terkena.
  • Langkah ini lebih efektif dari pada hanya sekedar menyemprotkan foam cleaner saat mesin hidup pada Rpm.2000, melalui throttle body.
  • Sebagai langkah perawatan pembersihan kerak karbon ruang bakar bisa dilakukan tiap kelipatan 10.000 km atau lebih awal jika dirasa penumpukan kerak telah terjadi.
Selamat Mencoba