- Kendaraan disiapkan, lepas saringan udara, lepas konektor kabel Ignition Coil berikut kabel High Tensionnya, kemudian lepaskan seluruh busi/spark plug.
- Posisikan crankshaft posisi pada TDC ( Top Dead Center).
- Pada posisi Top 1, semprotkan foam carbon cleaner/engine conditioner ke silinder No. 1 dan silinder No. 4, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
- Setelah 15 menit bersihkan silinder/piston No.1 dan silinder/piston No. 4 dengan menggunakan Air Gun Long Nose dan tekanan udara kompresor. Atau untuk lebih aman dan apik bisa dengan bantuan vacuum cleaner.
- Putar kembali baut pulley crank shaft menggunakan kunci ring, sampai kembali posisi TDC(tanda pulley bertemu garis TOP pada cover timing) .
- Semprotkan kembali foam carbon cleaner/engine conditioner ke silinder No. 2 dan silinder No.3, kemudian lakukan hal yang sama dengan langkah 4.
- Setelah ruang bakar bersih, rakit ulang parts yg diperlukan, lalu hidupkan mesin.
- Semprotkan kembali foam carbon cleaner saat mesin hidup melalui mulut throttle body agar bagian dalam intake manifold dan yg paling penting bagian atas Intake Valve bersih dari endapan kerak karbon.
- Lakukan langkah 8 berulang-ulang sambil memacu putaran mesin sampai didapat keluaran asap exhaust yang lebih bersih.
- Setelah itu jangan lupa, untuk membersihkan ulang seluruh busi yg kotor akibat proses perontokan karbon sebelumnya.
Tambahan pekerjaan terkait yang sangat disarankan adalah:
Melepas dan membersihkan Injector, Throttle Body & Idle Speed Control.
Note :
- Melakukan warming up mesin terlebih dahulu, lebih memudahkan kerak karbon untuk rontok.
- Saat melakukan penyemprotan kedalam silinder, hati-hati luapan sisa kerak carbon dan cleaner akan keluar, sebaiknya bantu ditutup dengan kain lap.
- Hati-hati bila proses perendaman cairan cleaner di silinder terlalu lama, bisa menyebabkan ring piston mengkerut/kuncup ( mesin nantinya akan sulit hidup karena kompresi mesin hilang ).
- Cairan Cleaner tidak boleh mengenai panel bercat, cepat segera bilas/lap bila terkena.
- Langkah ini lebih efektif dari pada hanya sekedar menyemprotkan foam cleaner saat mesin hidup pada Rpm.2000, melalui throttle body.
- Sebagai langkah perawatan pembersihan kerak karbon ruang bakar bisa dilakukan tiap kelipatan 10.000 km atau lebih awal jika dirasa penumpukan kerak telah terjadi.